Kamis, 19 Juli 2012

PERANG ANTAR SYIAH!! (bag. 1)

Bismillah...
Terinspirasi oleh moto web syiahali bahwa dirinya adalah “web syi’ah imamiyah ushuliyah terlengkap di Indonesia-Malaysia dan Brunei” maka kita turunkan makalah ini untuk memberikan pencerahan kepada para pembaca yang belum faham apa maksud dari KATA SYIAH IMAMIYYAH USHULIYYAH tersebut.

Gerakan Syiah pecah menjadi dua aliran utama: Ikhbariy dan ushuli.
Antara dua aliran ini telah terjadi perdebatan, pertikaian, persetruan, cacian dan pengkafiran satu sama lain. Bahkan sebagiannya berfatwa “haram shalat di belakang aliran lain” sampai diantara pemuka ikhbari ada yang tidak mau menyentuh kitab karangan ushuliy karena najis dalam pandangannya. Al-Istirabadzi (dari kelompok al-Ikhbari) telah mengkafirkan sebagian ushuli dan menilainya sebagai perusak agama.
Dalam perjalanannya, antara dua aliran ini telah terjadi perang sengit di Persia , Irak dan Bahrain.
I. Ikhbariyyah:
Kelompok ini kecil sekarang. Diantara prinsip aloran mereka adalah kembali rujuk ke referensi syiah yang utama yang kuno, yaitu empat kitab: al-Kafi, al-Tahdzib, al-Istibshar dan Man la Yahdhuruhu al-Faqih.
Mereka menerima dan menshahihkan semua hadits-haditsnya meskipun khurafat dan dongeng. Orang-orang aliran ini ekstrim, keras, ghuluw, eksklusif dan menyendiri. Mereka tersebar di tempat yang banyak syiah terutama di Ihsa`, Qathif, Irak, Iran, Kuwait dan Bahrain.



Jumlah mereka terus menurun dan melemah, tetapi berusaha berjuang melawan dengan berbagai cara untuk menjaga eksiustensi mereka.
Diantara marja’ mereka yang penting di zaman sekarang ini adalah Syaikh Yusuf Aal Ushfur al-Bahrani, Husain Aal Ushfur al-Bahrani dan Syaikh Muhammad Amin Zainuddin (Marja’ mereka paling akhir).
Mereka meyakini:
1. Haramnya kerja politik dan mendirikan Negara syiah. Mereka menolak konsep wilayah al-faqih (yang diusung oleh Khumaini dari kelompok al-Ushuli)
2. Haramnya ijtihad, mereka cukup mengimani apa yang ada di kitab induk yang empat tadi.
3. Terlarangnya menilai hadits dan membagi menjadi shahih, hasan, dhaif, dan muwatstsaq.
4. Bolehnya taklid pada orang mati, dan mayoritas taklid pada orang mati.
5. Dilarangnya berhujjah dengan ijma’
6. Tidak bolehnya berhujjah dengan akal setelah al-Qur`an dan sunnah.
7. Bahwa al-Qur`an telah muharraf (diubah-ubah) atau dikurangi. Diantara mereka ada yang mengingkari hal tersebut, dan ada pula yang diam.
Ada kelompok sempalan dari ikhbariyyin yaitu al-Syaikhiyyah pengikut Mirza Abdurrasul al-Ihqaqi, yaitu kelompok yang banyak mengusung khurafat dan syathahat. Bedanya dengan ikhbari: ikhbari memandang tetapnya taklid pada marja’ sedangkan syaikhiyyah tidak. Mereka ada di Bahrain dalam jumlah sedikit dan yang paling di Kuwait sekarang adalah Hasan al-Fuhaid.

Di bawah ini adalah teks Aslinya



من المعروف بأن الشيعة ينقسمون عقائدياً لتيارين رئيسيين.. وهما: التيار الإخباري..والتيار الأصولي.. والفرق الرئيسي بينهما هو في مصدر التلقي وطريقة الاستدلال… هذا وقد جرى بين هاتين الفرقتين ردود ومنازعات وتكفير وتشنيع حتى إن بعضهم يفتي بتحريم الصلاة خلف البعض الآخر.. وكان من شيوخ طائفة الإخبارية من لا يلمس مؤلفات الأصوليين بيده تحاشياً من نجاستها.. وإنما يقبضها من وراء ملابسه…وقد كفر الاستراباذي (الأخباري) بعض الأصوليين ونسبهم إلى تخريب الدين.. وعلى مرور التاريخ كان هناك صراعاً شديداً بين التيارين في دول فارس والعراق للرغبة من كل تيار السيطرة على الآخر.. ووقعت بينهم مقاتل في إيران والعراق والبحرين قديماً.. ولمزيد من التفصيل نورد التالي:

1. الإخبارية

وهم قلة في الوقت الحالي..ومن أصول مذهبهم الرجوع للمراجع الشيعية الرئيسية القديمة.. وهي أربعة مراجع: الكافي.. والتهذيب.. والاستبصار.. ومن لا يحضره الفقيه… ويصححون أحاديثها كلها رغم خرافاتها وأخطائها.. كما يتميز أصحابها بالشدة والغلو الفاحش والانطواء والعزلة.. وينتشرون في كل مكان يتواجد فيه الشيعة.. وخصوصاً الإحساء والقطيف والعراق وإيران والكويت والبحرين.. أما الآن فقل عددهم ..ولا يزال يقل.. فهم تيار ضعيف ولكنه مقاوم.. ويحاول بشتى الطرق الحفاظ على هويته.. ومن أهم مراجعه الرئيسية في العصر الحديث هو الشيخ يوسف آل عصفور البحراني.. وحسين آل عصفور البحراني.. والشيخ محمد أمين زين الدين (وكان آخر مراجعهم).. أهم المعتقدات

للإخبارية منهج يختلف اختلافاً جذرياً في العقائد..حيث تعتقد بالأمور التالية:
1. تحريم العمل السياسي وإقامة الدولة الشيعية… فهم يعارضون منهج ولاية الفقيه.. وهو ما مكن الأصوليين من التفوق عليهم..خصوصاً بعد الثورة الإيرانية.
2. تحريم الاجتهاد… مما أرجعهم للوراء كثيرا..فهم يعترفون بما ورد في الكتب الأربعة سابقة الذكر فقط…لذلك عرفوا بالإخبارية.
3. منعوا الصحيح والضعيف والحسن والموثق.
4. يجيزون تقليد الميت.. وأغلبهم يقلد الميتين.
5. لا يحتجون بالإجماع.
6. لا يحتجون بالعقل بعد الكتاب والسنة.
7. يعتقدون بتحريف أو نقص القرآن..ومنهم من ينكر ذلك.. أو لا يقول به.

وهناك فرقة انشقت عن هذا التيار.. وهي: الشيخية..وهي أتباع الميرزا عبد الرسول الإحقاقي..وهي فرقة تكثر فيها التخاريف والشطحات..وتختلف عن الإخبارية في أن الإخبارية ترى بقاء التقليد على المرجع .. أما الشيخية فلا.. وتواجدها قليل جدا في البحرين.. وأبرز قيادييهم اليوم الكويتي حسين الفهيد

Maroji' : http://gensyiah.com/perang-antar-syiah-bag-1.html#more-816

Tidak ada komentar:

Posting Komentar